Jumat, 18 April 2008

Tugas mengenai informasi motivasi

Berikan informasi lebih lengkap tentang proses psikologi yang berpengaruh pada proses belajar, seperti “Motivasi”, “Perasaan”, “Ingatan”, “ Fantasi”, “Perhatian”, “Pengamatan”, “Tanggapan”
1. Motivasi adalah segala sesuatu yang menjadi pendorong tingkah laku yang menuntut seseorang unttttuk memenuhi suatu kebutuhan.Dan sesuatu yang dijadikan motivasi itu merupakan satu keputusan yang telah ditetapkan individu sebagai suatu kebutuhan atau tujuan yang nyata ingin dicapai.
2. Perasaan sebagai fungsi jiwa adalah mempunyai arti memulai terhadap situasi dimana dengan kita berpadu secara pribadi.Situasi mennyenangkan kita nilai positif, sedangkan situasi yang tidak menyenangkan kita nila negatif. Perasaan yang lebih dalam dapat kita golongkan seperti nilai- nilai berikut:Perasaan sosial. Intelektual, ethis, religius, aestetis.
3. Ingatn adalah tertinggalnya bekas- bekas meskipun tidak selalu ada secara se4ndiri.Namun dapat ditimbbbulkan kembali dalam kesadaran.Dalam ingatan terdapat fungsi antara lain : mencamkan. Menyimpan mereproduksi.
4. Fantasi adalah suatu daya jiwa untuk menciptakan tanggapan-tanggapan baru dengan bantuan tanggapan yang sudah ada pada diri kita.Jadi cirri khas dari gejala jiwa ini adalah unsure menciptakan sesuatu yang baru dalam jiwa.
5. Perhatian ,apabila kita mencurahkan perhatian pada satu benda maka kita menyadari benda itu sepenuhnya.Maka konsentrasi perhatian dibagi tiga yaitu: Lapangan pusat perhatian penuh , lapangan peralihan dengan kesadaran yang samar- samar (difuss), lapangan parifeer(batas) dengan ketidak sadaran penuh.
6. Pengamatan adalah aktivitas jiwa yang memungkinkan manusia mengenali rangsangan – rangsangan yang sampai kepadanya melalui alat indranya, dengan kemampuan inilah kemungkinan manusia mengenali lingkungan hiudupnya
7. Tanggapan adalah bayangan atau kesan kenangan dari apa yang pernah kita amati atau kenali.selama tanggapan berada dalam bawah sadar kita sebut Tanggapan latent. Sedangkan tanggapan yang berada dalam kesadaran kita sebut Tanggapan aktuil .

Tidak ada komentar: